Sabtu, 16 Maret 2013

Paparan Cahaya Pengaruhi Penyebaran Virus Influenza

Lintasan IPTEK-Ada dua jenis kondisi lingkungan yang berhubungan dengan epidemi influenza, yaitu udara kering-dingin dan hujan-lembap. Temuan itu diperoleh dari laporan hasil studi epidemi yang dilakukan peneliti di National Institutes of Health's Fogarty International Center.

Laporan dipublikasikan di PLoS Pathogens dan merepresentasikan model berbasis iklim sederhana yang memetakan aktivitas influenza global.

Menurut Ketua Tim Riset Cecile Viboud, PhD, hasil riset bisa digunakan untuk memperbaikin model transmisi influenza yang sekarang ada dan bisa membantu usaha pengawasan target dan mengoptimalkan penyampaian vaksin musiman.

"Model bisa memiliki aplikasi yang lebih luas, mendorong peneliti menganalisis hubungan antara pola iklim dan infeksi penyakit," ujarnya.

Penyebaran virus influenza pada manusia menunjukkan siklus musiman yang kuat di wilayah beriklim dan percobaan laboratorium menyarankan kelembapan spesifik yang rendah dan transmisi virus di wilayah beriklim.

Percobaan pada binatang menunjukkan suhu rendah dan kelembapan meningkatkan durasi reproduksi virus dan infeksi organisme dan stabilitas virus di lingkungan, menambah probabilitas dan transmisi melalui batuk atau napas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar