Sabtu, 01 Juni 2013

Mobil "Aristo" Buatan Mahasiswa Unbraw untuk Kompetisi

Mobil "Aristo" Buatan Mahasiswa Unbraw untuk Kompetisi - Malang: Sejumlah Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya (Unbraw) Malang, Jawa Timur, meluncurkan mobil bernama Aristo pada Kamis (30/5).

Mobil yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa yang bergabung dalam Tim Apatte-62 itu ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Tim Apatte-62 yang diketuai Agustian Adi Gunawan melakukan test drive dengan mengelilingi Samantha Krida kampus setempat, disaksikan oleh Rektor Universitas Brawijaya Yogi Sugito dan Dekan Fakultas Teknik Profesor Harnen Sulistyo.

"Aristo ini akan berkompetisi pada Shell Eco-Marathon Asia 2013 yang diselenggarakan 4-7 Juli 2013 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Lomba ini terdiri dari dua kategori yakni prototype dan urban concept," terang Agustian disela-sela peluncuran Aristo.

Aristo, katanya, akan berlomba pada kategori prototype. Kategori ini untuk kendaraan berbentuk futuristis yang bertujuan memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui elemen yang inovatif.

Agus mengemukakan Aristo ditargetkan mencapai kecepatan 300 kilometer per kilowatt jam, namun sampai saat ini baru mencapai 200 kilometer per kilowatt jam.

Rangka menggunakan bahan honeycom agar konstruksinya ringan untuk menahan beban. Bahan ini biasanya digunakan untuk lantai pesawat terbang. Bahan bakarnya didukung dua baterai masing-masing memiliki arus 10 Ampere dan 20 Ampere.

"Kalau yang 10 Ampere di-charge selama empat jam bisa digunakan sejauh 40 kilometer," kata Agus.

Dekan Fakultas Teknik Profesor Harnen Sulistyo mengungkapkan kebanggannya pada tim Apatte-62 karena Unbraw merupakan satu-satunya tim dari Indonesia yang berlomba dalam kategori prototype listrik.


>>> Ayo Ikutan Kontes Humor JOKES.WEB.ID <<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar