Membuang AppGratis, Apple Dianggap Plin-Plan - Setelah Apple menghapus AppGratis dari toko aplikasi App Store, akhirnya
CEO AppGratis Simon Dawlat angkat bicara. Ia kecewa dan mengatakan
bahwa peraturan yang dibuat Apple sangat membingungkan.
Menurut
Dawlat, keputusan Apple menghapus AppGratis sangat tiba-tiba dan tak
terduga. Dia memiliki beberapa percakapan dengan Apple soal izin
AppGratis di App Store, di mana Apple selalu menyetujui pembaruan yang
dilakukan AppGratis.
"Versi iPad kami (AppGratis-red)
benar-benar disetujui kurang dari sepekan yang lalu," tulis Dawlat dalam
blog resmi perusahaan, Selasa (9/4/2013).
Nah, pada akhir
pekan sekitar tanggal 6 dan 7 April, Apple memutuskan menghapus
AppGratis karena melanggar beberapa klausul peraturan di App Store.
Salah satunya adalah klausul 2.25, di mana Apple tidak mengizinkan
keberadaan sebuah aplikasi yang menawarkan pembelian atau promosi
aplikasi lain. Karena, fungsi aplikasi tersebut mirip dengan toko
aplikasi App Store yang disediakan Apple.
"Aplikasi yang
menampilkan aplikasi lain selain milik Anda sendiri untuk pembelian atau
promosi dengan cara yang mirip dengan App Store akan ditolak," demikian
bunyi klausul 2.25.
Dawlat berpendapat, tim Apple sangat cepat
berubah pikiran. "Saya bertanya, bagaimana bisa dia dan timnya bisa
berubah pikiran secepat mungkin dalam semalam," ujar Dawlat. Seluruh
keputusan itu, menurutnya, sangat membingungkan. "Dia nampaknya tidak
peduli tentang gawatnya situasi, dan tidak membiarkan saya tahu apa
spesifik keputusan yang telah dibuat."
Kejadian serupa pernah menimpa AppShoper, yang hingga kini belum bisa kembali ke App Store.
AppGratis adalah aplikasi yang dibuat perusahaan asal Paris, Perancis.
Mereka setiap harinya mempromosikan aplikasi lain agar bisa diunduh
gratis oleh pengguna iOS, atau bahkan memberi potongan harga.
Game Angry Birds untuk iPhone yang sebelumnya dihargai Rp 9.500, pernah menjadi gratis karena dipromosikan lewat AppGratis.
Perusahaan ini berhasil meraih keuntungan 13,5 juta dollar AS pada
Januari 2013 dengan pengguna mencapai 7 juta. Sebuah aplikasi yang
dipromosikan di AppGratis bisa diunduh hingga 500 ribu kali dalam sehari
dari seluruh dunia. Hal inilah yang membuat perusahaan pengembang
aplikasi senang bermitra dengan AppGratis.
Bagi Anda yang sudah memasang AppGratis di perangkat iOS, Anda masih bisa memakai dan menerima promosi aplikasi setiap hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar